KRONOLOGI SERANGAN ISRAEL ATAS GAZA

Israel terus melancarkan operasi di Jalur Gaza pada hari kedua, Ahad, sedangkan gerilyawan Palestina menembakkan roket-roket makin dalam ke wilayah Israel selatan.

Serangan-serangan udara Israel itu telah menewaskan sedikitnya 298 warga Palestina, sekitar 180 di antara mereka adalah pejabat keamanan gerilyawan HAMAS.Roket Palestina menewaskan seorang warga Israel.

Berikut ini adalah perkembangan pertempuran itu hingga Ahad pukul 23:00 GMT (Senin, pukul 6:00 WIB): (tanda bintang adalah perkembangan terkini) sebagaimana dilaporkan Reuters.

*Jalur Gaza-HAMAS mengatakan serangan udara Israel pada waktu maghrib menghancurkan sebuah gedung laboratorium di Universitas Islam, suatu simbol kebudayaan penting HAMAS. Israel menuduh HAMAS menggunakan fasilitas laboratorium itu untuk mengembangkan bahan peledak.

*BEERSHEBA-Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak kepada para komandannya di markas besar militer mengatakan serangan itu adalah “buka-tutup”, dan menambahkan, “angkatan darat Israel akan terus bertindak hingga mencapai tujuan.”

JALUR GAZA-Serangan udara Israel dengan sasaran-sasaran gedung kepolisian di kamp pengungsi di dekat Kota Gaza, mencederai empat polisi HAMAS, kata sumber medis.

Serangan itu terjadi di dekat blok kediaman Kepala Pemerintah HAMAS Ismail Haniyeh di Jalur Gaza.

MESIR/PERBATASAN JALUR GAZA-Puluhan warga Palestina menyeberang ke wilayah Mesir dari Gaza, sementara polisi anti-huruhara Mesir melepaskan tembakan peringatan ke udara untuk menghalau mereka kembali ke Jalur Gaza. Beberapa warga Palestina menggunakan buldozer dan bahan peledak untuk meruntuhkan bagian-bagian tembok perbatasan.

Para pejabat keamanan Mesir mengatakan 40 warga Palestina telah ditangkap setelah mereka menyerbu ke dalam wilayah Mesir.

JALUR GAZA/PERBATASAN MESIR-Pesawat tempur Israel membom sebanyak 40 terowongan penyelundupan di bagian selatan Jalur Gaza, bagian dari jaringan penyelundupan senjata yang dilakukan di bawah tanah yang berbatasan dengan Mesir, dan tempat penghubung HAMAS di Jalur Gaza dengan dunia luar.

Serangan bom Israel juga menghancurkan markas-markas regional HAMAS, mencederai beberapa polisi.

JALUR GAZA-Serangan udara terpisah dengan sasaran sebuah mobil yang sedang dalam perjalanan di bagian utara Jalur Gaza dan menghancurkan sebuah gedung keamanan HAMAS di pesisir pantai selatan Gaza.

ISRAEL/PERBATASAN JALUR GAZA-Tank-tank Israel dikerahkan ke perbatasan Jalur Gaza dalam persiapan untuk kemungkinan serangan darat ke wilayah itu.

Kabinet Perdana Menteri Israel Ehud Olmert telah menyetujui pengerahan 6.500 tentara cadangan.

JALUR GAZA-Serangan udara Israel telah menghancurkan banyak komplek keamanan HAMAS di Jalur Gaza, tempat penjara ratusan tahanan, menewaskan sedikitnya empat aparat keamanan HAMAS.

JALUR GAZA-Israel melancarkan serangan udara di dekat kantor Perdana Menteri HAMAS, Ismail Haniyeh, di Jalur Gaza. Haniyeh tidak berada di kantor saat serangan itu terjadi, dan tidak ada laporan terjadi kerusakan.

GAN YAVNE, Israel-HAMAS menembakkan 80 roket, salah satunya menghantam kota Gan Yavne, sekitar 30Km di dalam wilayah Israel dari perbatasan Jalur Gaza, tidak terjadi kerusakan.

JALUR GAZA-Serangan udara Israel saat dinihari menghancurkan markas besar stasiun televisi HAMAS, Al-Aqsa. Tak lama setelah itu, stasiun itu kembali mengudara di lokasi yang tidak diketahui.

JALUR GAZA-Serentetan serangan udara dengan sasaran kendaraan-kendaraan, gedung-gedung pemerintah HAMAS, dan kantor kepolisian, menewaskan tiga warga Palestina dan puluhan orang lagi menderita luka-luka.(Antara)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s