EMERSON, LAKE & PALMER (ELP)

Emerson, Lake & Palmer (ELP) merupakan band progressive rock Inggris yang sangat popular di era 1970an. Di masa puncaknya, mereka menjual lebih dari 30 juta album dan selalu menjadi headline dalam konser-konser besar. Sound ELP didominasi organ Hammond dan synthesizer Moog yang dimainkan Keith Emerson dengan gaya flamboyan. Komposisi mereka dipengaruhi musik classical, jazz dan hard rock. Banyak karya mereka berbentuk arrangement dari musik classical dan sering disebut symphonic rock.

Band trio ELP merupakan “supergroup” di saat itu, dengan gabungan Keith Emerson (keyboard) dari The Nice, Greg Lake (gitar, bass, vokal) dari King Crimson dan Carl Palmer (drum, perkusi) dari Atomic Rooster. Dibentuk 1970, empat tahun pertama ELP dipenuhi kreatifitas dan produktifitas. Greg Lake memproduksikan enam album pertama mereka, mulai dari Emerson, Lake and Palmer yang berisi hit “Lucky Man”; Tarkus, album konsep yang menggambarkan “reverse evolution”; Pictures at an Exhibition, rekaman live Maret 1971 yang merupakan interpretasi ELP atas karya Modest Mussorgsky dan Trilogy, yang berisi single ELP paling populer “From the Beginning.”

Brain Salad Surgery (1973) merupakan album studio mereka yang paling terkenal dengan sebagian liriknya ditulis Pete Sinfield, penulis lirik King Crimson. Tur dunia yang diselenggarakan selanjutnya didokumentasikan menjadi album triple yang diberi judul Welcome Back My Friends to the Show that Never Ends.

Pertunjukan perdana ELP diadakan di Isle of Wight Festival, Agustus 1970, salah satu festival “flower power” era Woodstock. Pada April 1974, mereka menjadi pemain utama di California Jam, popularitas besar mereka bahkan menggeser Deep Purple menjadi band headline kedua. Pertunjukan mereka di California Jam disiarkan langsung keseluruh pelosok AS dan dipandang sebagai puncak kesuksesan karir ELP.

ELP kemudian mengambil cuti tiga tahun untuk merencanakan arah musik baru, akan tetapi scene musik yang berubah membuat mereka kehilangan ide. Mereka bekerja keras untuk menghibur audiens dengan mengadakan tur di AS dan Kanada tahun 1977 dan 1978 dengan orkestra penuh yang memakan biaya, namun sewaktu disco, punk rock dan new wave mengambil alih peta musik, mereka tidak sanggup lagi menjadi inovator musik dan berujung dengan perpecahan yang dilandasi konflik pribadi dan perbedaan visi. Album studio terakhir mereka, Love Beach, disambut dingin oleh pres maupun penggemar. ELP mengaku album ini dibuat hanya untuk memenuhi obligasi kontrak.

Tahun 1985, Emerson dan Lake membentuk ELP yang baru dengan drummer Cozy Powell. Palmer tidak bergabung dan pilih bergabung ke Asia. Desas desus mengatakan Bill Bruford akan bergabung ke ELP, tetapi ex penabuh drum Yes ini sudah terikat dengan King Crimson dan grup pribadinya Earthworks. Emerson, Lake and Powell membuat single “Touch and Go”, yang berhasil masuk ke chart dan mendapatkan ekspose radio dan MTV.

Beberapa tahun kemudian, Lineup pertama ELP dibentuk lagi dan pada tahun 1992 mereka rilis album comeback, Black Moon, melalui Victory Records. Tur 1992/1993 berjalan sukses dan memuncak di Wiltern Theater, Los Angeles yang bootlegnya banyak diedar. Setelah itu, Palmer menderita carpal tunnel syndrome dan Emerson mengalami repetitive stress disorder pada satu lengannya, sehingga tidak mengherankan album berikut, In the Hot Seat, tidak mencapai standar ELP.

Setelah sembuh, Emerson dan Palmer menjalankan tur lagi. Tur terakhir diselenggarakan tahun 1996, 1997 dan 1998 di Jepang, Amerika Selatan, Eropa, AS dan Kanada dengan memainkan versi baru materi lama mereka. Meskipun hasil tur memuaskan, ukurannya hanya di arena kecil dan dihadiri audiens kecil. Perencanaan atas album baru menimbulkan konflik baru yang berujung pada perpecahan lagi. Lake bersikeras ingin memproduksi album tersebut karena kesuksesan dalam memproduksi album-album lama mereka. Emerson mengeluh di internet bahwa dia dan Palmer berlatih keras untuk mmpertahankan ketrampilan sedangkan Lake hanya bersantai saja. Lake mengaku tidak melatih vokalnya karena menurutnya setelah beberapa pertunjukan, vokalnya akan kembali mantap.

Tahun 2003, Keith Emerson mengadakan tur keliling UK dengan teman lama dari The Nice. Carl Palmer sekali-kali mengadakan tur dengan Carl Palmer Band, yang mengisi bagian keyboard lagu-lagu lama ELP dengan gitar elektrik. Greg Lake tur ke AS bersama Ringo Starr pada tahun 2002.


One thought on “EMERSON, LAKE & PALMER (ELP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s